Pelatihan Bantuan Pemerintah untuk Penguatan Keterampilan Peserta Didik bidang TIK dan BOGA di SLBN BINTAN Tahun 2021

Pembukaan Pelatihan

Pelatihan bantuan pemerintah ini merupakan sarana bantuan dari pemerintah untuk peningkatan Vokasional baik bagi guru maupun peserta didik. Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan keterampilan yang sudah dilakukan oleh sebagian guru-guru di bidang tata boga dan TIK. Guru yang sudah mengikuti pelatihan tersebut, dapat menjadi narasumber pada pelatihan keterampilan siswa di bidang tata boga dan TIK. Dokumentasi di atas adalah Pelaksanaan Pembukaan Pelatihan yang dibuka langsung oleh Ibu Lestari Rahayu, S.Pd selaku Kepala Sekolah SLBN BINTAN. Pelatihan ini juga menghadirkan Narasumber dari luar sesuai bidang tata boga yaitu ibu Warlina, dan di bidang TIK ibu Silky dari LPK Brilliant College Indonesia.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2021 untuk keterampilan TIK, dan tanggal 25 Oktober 2021 untuk keterampilan tata boga. Pelatihan ini sudah dibagi sesuai dengan narasumber masing-masing. Narasumber di bidang TIK adalah Bapak Zakaria, S.Pd dan Ibu Eva Aini, SE. Narasumber di bidang tata boga adalah Ibu Tri Widiyanti, S.Pd dan Ibu Irawati Eka Safitri, S.Pd,Si.

Adapun siswa yang mengikuti pelatihan ini adalah siswa SMALB dengan ketunaan Tunagrahita untuk bidang tataboga, dan Ketunaan Tunadaksa dan Tunarungu untuk bidang TIK dengan masing-masing jumlah peserta 3 siswa.

Pada bidang TIK, materi yang di berikan adalah Pengenalan Dasar IT ( Informasi dan Teknologi ) dan komputer aplikasi perkantoran. Materi yang diberikan ialah K3, Komponen Komputer, mengenal software pengolah kata, angka dan software untuk presentasi. Pelatihan ini juga meminta siswa mempraktekan langsung materi dan setiap materi dinilai langsung oleh narasumber. berikut adalah dokumentasi pelatihan TIK yaitu sebagai berikut ;

Pada bidang tataboga, materi yang di berikan adalah Teknis Mengukus. Materi ini diambil narasumber dengan menimbang siswa yang mengikuti adalah siswa Tunagrahita. Materi yang diberikan ialah K3, Pengenalan alat, Pengenalan bahan, Praktik Membuat Kue Kacamata, kue Lemet, kue singkong lapis pelangi, kue nagasari, dan tahu fantasi dan semuanya dilakukan dengan teknik kukus Pelatihan ini juga meminta siswa mempraktekan langsung materi dan setiap materi dinilai langsung oleh narasumber. berikut adalah dokumentasi pelatihan TIK yaitu sebagai berikut ;